Tags

,

Saya mulai membuat sabun di rumah beberapa bulan lalu, dan kini menjadi terobsesi tentang sabun. Akhirnya saya memutuskan untuk menulis pengalaman ini di blog. Beberapa teman saya menanyakan ” Apa yang membuat saya memutuskan untuk membuat sabun sendiri?”. Karena membuat sabun mandi sendiri merupakan hal yang sangat jarang dilakukan orang saat ini. Dan semakin saya mempelajari tentang pembuatan sabun, semakin tahu tentang apa sebenarnya yang terkandung dalam “beauty bar” yang banyak dijumpai di toko maupun super market, bahwa “beauty bar” yang dimaksud tidak lebih dari “syntetic bar“, sabun yang bahan bakunya kurang lebih sama dengan bahan baku yang dipakai untuk membuat detergent.

Dalam pembuatan sabun natural dengan memakai sistem tradisional akan menghasilkan sabun dan gliserin, gliserin adalah produk samping dari percampuran antara alkali dan lemak / minyak yang berfungsi untuk melembabkan dan menghaluskan kulit. Namun dalam proses pembuatan sabun komersial, gliserin yang dihasilkan diambil untuk dijual terpisah karena gliserin mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. Gliserin kemudian dipakai dalam pembuatan pelembab maupun body lotion, sementara dalam pembuatan sabun yang memakai cara tradisional / natural, gliserin yang dihasilkan tetap menyatu bersama sabun.

Untuk postingan pertama ini saya kira cukup sekian, di postingan selanjutnya Anda akan menemukan tulisan saya yang lain serta produk – produk yang telah saya hasilkan selama ini.