Ginger Chocolate
Sabun yang baru saja saya buat ini memakai wewangian ginger dan chocolate. Mmmm good enough to eat….

Saat ini lagi dalam proses "curing" dan baru bisa dipakai sekitar akhir Juni.

Kalau Anda bertanya, apa yang disebut proses "curing", mungkin saya ingin menjelaskan sedikit, mudah – mudahan bisa dimengerti.

Karena sabun ini dibuat dengan sitem dingin (cold process method) yang artinya dalam pembuatannya tidak memerlukan panas yang berlebih, maka sabun yang berbahan dasar larutan alkali yang memerlukan air sebagai pelarut dan minyak yang berbentuk cair, maka sabun yang baru keluar dari cetakan masih mengandung kadar air yang tinggi, nah untuk "menguapkan / mengeringkan" air dan menurunkan kadar alkali maka sabun didiamkan selama kurang lebih 4 – 6 minggu, inilah yang disebut "curing process". Dalam proses ini sabun akan membentuk gliserin alami yang sangat bagus untuk kulit.

Gambar di atas adalah ketika sabun baru dikeluarkan dari cetakan, kemudian dipotong sesuai selera, untuk membuat pisaunyapun cukup memakai senar gitar, hehehe…..

Ginger Chocolate2

Ingredients : Olive, palm, coconut, castor oils; water and lye,  cocoa powder, cocoa butter, dark chocolate, goat milk powder, beeswax, ginger & vanilla FO.