nova1

Setelah sempat diwawancarai oleh Radio Green FM Jakarta dengan topik bisnis kreatif, kali ini giliran Tabloid Nova, mingguan khusus wanita yang  (akan) membuat edisi khusus tentang  “Kecantikan” mengundang saya untuk demo membuat sabun natural secara step by step disertai dengan foto sehingga memudahkan cara bagi siapapun untuk  membuat sabun.

penjelasan step by step pembuatan sabun

Bertempat di Studio Nova, saya dibantu mbak Intan dari Tabloid Nova menyiapkan demo,  mulai dengan menjelaskan masing – masing bahan beserta fungsinya, menimbang bahan – bahan.  Sementara mbak Intan mencatat apa saja peralatan dan bahan yang digunakan.

Dalam demo kali ini saya membuat dua buah macam jenis aroma yakni aroma sandalwood dan orange swirl coklat sebagai variasi model saja.

Kalau anda lihat di gambar sebelah kiri, maka pada gambar bagian atas adalah sabun dengan aroma sandalwood, sabunnya tanpa variasi warna, saya hanya menambahkan pewangi saja, tujuanya untuk memudahkan pembaca yang baru atau memulai membuat sabun. Sementara pada gambar bawah, memakai teknik swirling atau efek merble. Teknik ini agak rumit, karena harus memakai 2 jenis warna, yakni warna orange dan warna coklat. Bagi pemula mungkin agak sulit, karena pada pembuatan sabun ini dibutuhkan kecepatan dalam pembuatan, karena kalau tidak sabun akan cepat mengeras dan tentu saja akan menyulitkan proses pencetakan.

Setelah kurang lebih satu jam, akhirnya selesai juga demo membuat sabun di studio Nova, sayangnya saya tidak sempat berfoto atau mengambil gambar ketika demo berlangsung. Untuk mbak Intan terima kasih atas undangannya demo di Nova, salam…