Pameran Produksi Indonesia 2009 (13 – 17 Mei 2009)

PPI 2009 - photo by Henie ZR

PPI 2009 - photo by Henie ZR

Sepenggal catatan yang tersisa dari hasil jalan – jalan kemarin,  yakni melihat pameran dan lomba nasional produk kakao dan olahannya yang diselenggarakan oleh Departemen Perindustrian dan bekerja sama dengan Asosiasi Industri Kakao Indonesia dan Asosiasi Pengusaha Industri Kakao dan  Cokelat Indonesia yang bertempat di Jakarta Internal Expo Kemayoran.

Begitu masuk di hall A, maka yang langsung menarik perhatian adalah taman yang berisi bunga tulip raksasa yang berwarna merah mudah dan coklat dan terbuat dari cokelat asli, lhoo kok tahu?? kata yang jaga sih.. hehehe. Karena jangankan mencoba, meraba aja gak boleh. Yang diperbolehkan cuma mengambil gambar alias foto – foto disekitar taman.

Sekedar informasi, pameran ini menampilkan ribuan stand yang masing – masing ada pembagian ruang, ada yang berbasis agro, telematika, industri dll., tetapi dari sekian stand, yang paling menarik menurut saya adalah pameran cokelat.

Yang tidak kalah menarik adalah  fontaine raksasa yang mengalirkan lelehan cokelat yang segera saja disambut para pengunjung yang sudah mengantri.  Dengan mengambil potongan biskuit yang sudah disediakan,  pengunjung tinggal mencelupkan biskuit ke dalam piring raksasa yang tak putus -putusnya mengalirkan coklat. Tua muda, anak – anak serta remaja terlihat antusias untuk mencicipi manisnya cokelat, sementara saya lebih asyik  mengambil gambar yang lumayan sulit karena pencahayaan yang sangat minim dan dengan kamera apa adanya🙂 .

cokelat2
Pameran cokelat meliputi :
  • Aneka Cokelat dan Produk Cokelat
  • Rumah Cokelat
  • Grand Baking Demo bersama Chef ternama
  • Taman bungan Tulip yang lumayan besar
  • serta Fontain cokelat tertinggi

Sedangkan yang dimaksud rumah cokelat,  adalah rumah dengan model Jawa Tengah, yakni  berbentuk joglo, dengan hiasan berupa ayam beserta kurungannya, namun saya tidak tahu apakah ayam dan kurungan juga terbuat dari cokelat🙂.  Banyak pengunjung yang antri ingin berpose di depan rumah cokelat, sayangnya (menurut saya) tata cahaya yang kurang maksimal menyebabkan rumah cokelat kelihatan seram dan kurang bagus untuk diabadikan (mengingat kamera saya yang apa adanya🙂.

PPI 2009 - photo by Henie ZR

PPI 2009 - photo by Henie ZR

Berkeliling di stand cokelat akan banyak menemukan makanan dan minuman yang bahan bakunya berasal dari cokelat. Seperti stand minuman yang tentu saja menu utamanya adalah cokelat, tersedia dalam aneka rasa, seperti vanilla, strawberry,  mocca, dll. Juga tinggal pilih mau yang dingin atau panas, dengan harga berkisar antara Rp. 12. 000 –  Rp. 16.000,-. Saya sendiri memesan cokelat vanilla dingin tanpa krim, dan rasanya memang benar – benar legit, manis serta aroma cokelatnya begitu terasa.

PPI 2009 - photo by Henie ZR

PPI 2009 - photo by Henie ZR

Puas minum cokelat dingin kembali berputar – putar, melihat stand – stand yang menjual olahan cokelat dalam bentuk lain seperti cake ataupun cokelat dalam bentuk batangan yang diolah menjadi bentuk yang unik dan menarik. Mengelilingi  stand cokelat dalam waktu satu jam rasanya kurang cukup, sambil icip sana icip sini tak terasa perut terasa kenyang, beli ini dan beli itu, dan yang penting serasa menemukan dunia anak – anak yang telah lama hilang :)…