Tags

blog8

Kali ini saya membuat sabun suvenir dengan tema ‘BLACK & WHITE’. Sabun yang merupakan pesanan dari customer yang menginginkan kesan simple, classy dan elegan.

blog

Seperti halnya pembuatan sabun lainnya, semua dimulai dari proses pencampuran minyak dan alkali. Panci ini memuat 5 liter minyak. Dalam gambar larutan alkali baru saja dituangkan, dan pengadukan dengan stick blender dimulai. Setelah ditambah pewangi sabun segera dituang di cetakan (karena pada saat pembuatan saya juga harus memotret sendiri, maka proses penuangan sabun ke cetakan tidak bisa dilakukan pemotretan :))

blog2

Setelah 24 jam didiamkan di cetakan, saatnya sabun dikeluarkan dari cetakan dan didiamkan 24 jam lagi agar lebih keras lagi, sehingga pemotongan bisa dilakukan dengan baik. Dalam gambar sabun dengan aroma Green Tea

blog3

Aroma Lavender dan Honey masih dalam bentuk blok besar

blog4

Dari potongan besar dipotong lagi menjadi batangan yang lebih kecil, dan siap untuk dipotong menjadi potongan ukuran 60 gram.

blog5

Sabun yang sudah dipotong kecil – kecil, siap untuk proses curing selama 3 minggu

blog7

Setelah 3 minggu, saatnya untuk membungkus dengan kertas crep warna hitam dan putih, pemberian label, plastik dan terakhir diikat dengan pita. woaa….:D