20160119124018

Shea Butter (INCI : Butyrospermum Parkii) adalah lemak alami yang diekstrak dari pohon Shea atau Karite. Tanaman ini umumnya banyak tumbuh di padang rumput Afrika Barat.

Shea Butter mempunyai banyak manfaat bagi kulit. Vitamin yang terkandung dalam Shea Butter antara lain vitamin A, E dan F. Vitamin A dan F membantu kulit tetap cerah dan sehat. Kedua vitamin ini sangat bermanfaat untuk melindungi kulit dari sinar matahari, mencegah kerutan dini dan memperlambat timbulnya garis muka. Sedangkan vitamin F berfungsi untuk meremajakan kulit dan menghaluskan kulit yang kasar.

Dalam sesi ini saya akan membahas tentang penggunaan Shea Butter untuk pembuatan sabun.

Kadar Stearic dan oleid acids yang tinggi pada Shea Butter akan menghasilkan sabun yang keras dan tahan lama. Pemakaian bisa sampai dengan 25% dari total minyak. Yang perlu diperhatikan, Shea Butter mempercepat trace, sehingga harus hati – hati dalam pembuatan, apalagi jika ditambah dengan bahan lain yang juga mempercepat trace.

Jika ingin menggunakan Shea Butter dalam pembuatan sabun, cukup 5% dari total minyak. Yang perlu diperhatikan adalah cara melarutkan Shea Butter dari bentuk solid menjadi cair adalah dengan cara ditim (double boiler). Usahakan jangan terlalu panas, segera angkat jika sudah mencair, dan tambahkan pada saat trace (mengental)

Selain bisa menjadi bahan tambahan untuk pembuatan sabun, Shea Butter juga banyak digunakan sebagai bahan tambahan lotion, body butter, pomade dan lain – lain

Jika Anda sedang mencari atau ingin membeli Shea Butter (refined) bisa menghubungi WA : 08159447871 atau line : javasoap